Selasa, 06 Maret 2012

Project Officer

Nah, ada yang belom pernah denger tentang istilah ini? atau yang sering disebut dengan PO, kalo gw sih udah sering banget semenjak kuliah .. dia nih siapa sih ? atau ada yang tau ? orang yang bossy, bertanggung jawab penuh, kerjaannya paling banyak, paling stress .. hha engga salah sih pasti ada isu isu yang menyebabkan si PO ini dideskripsikan seperti itu. Namun akan menjadi pengalaman yang besar banget buat kamu kalo bisa dapet posisi sebagai PO.

Kalo lagi ada kepanitiaan, si PO pasti cuap sana cuap sini, ribet sana ribet sini, dan bagaimana dengan isu PO yang bossy ini? mungkin artinya ketika si PO kelewat peduli sama divisi-divisi dibawahnya. Kadang ini menjadi suatu masalah ketika si PO terlalu banyak ikut campur di tiap divisi 'heeeuh berasa acara milik sendiri semua dia yang atur, gw cuma jadi pion-pion yang ngejalanin' nah kan mulai deh dengki hati .. buat kamu yang jadi PO coba deh kenali tugas si PO dan batasan-batasan yang ada. Ngga salah kok kalo seorang PO tau semua tetang tiap divisi mulai dari planning kerja, masalah internal, progress, dst.. itu perlu malah, emang seorang PO punya kapasitas untuk tau dan memberikan saran tapi jangan sampai kamu malah jadi ambil alih tugas orang kepercayaan kamu yang udah kami pilih jadi ketua divisi, intinya seorang PO itu harus bisa mengayomi.. kalo ngga bisa? belajar ! ini nih ilmu yang bakal kamu dapetin.. bagaimana menjalankan suatu kepanitiaan dan mengayomi orang-orang disekitar kamu.

Tanggung jawab penuh? tempat pengaduaan 'kalo kenapa-napa ya .. ke PO lah, kan dia yang bertanggung jawab' hahaha kasian ya si PO, bukan berarti si PO ini menjadi problem solver buat semua masalah yang timbul lantas semua semua solusi yang memungkinkan dia yang berfikir, tapi dia menjadi media buat untuk menyelesaikannya. Sebagai orang yang yang memimpin dan penghubung dalam suatu kepanitiaan (Pintar-pintar kamu memanajemen suatu kepanitiaan) dia memang mempunyai tanggung jawab yang besar sesuai dengan amanah yang diterima, namun terlepas dari itu panitia yang dibawahnya juga harus membantu si PO ini, jangan biarkan dia sendirian, ya nanti hasilnya begitu kalo kejadian stress sendiri, ini nih yang bisa ngebuat si PO dapet julukan 'tumbal' .. uh, sadis ya .. dikorban untuk menyelematkan orang lain.

Kerjaannya banyak banget! engga selamanya kok, kan sebetulnya sudah dibagi tugas-tugasnya dengan sekretaris, bedahara, dan divisi lainnya. Namun kesan yang timbul dari nama di berikan, membuat kesan lebih besar, sesuai tanggung jawabnya. Jangan takut masalah tanggung jawab! kamu pasti bisa menanganinya, melatih diri untuk menjaga dan melaksanakannya, menjadi pelajaran lainnya yang bakal kamu dapetin.

Masih takut hari gini jadi PO? ayo buktikan kalo kamu emang punya kapasitas sebagai orang yang bertanggung jawab, mengayomi, dan punya manajemen yang baik.


-inspiratif sekali forang malam ini-

4 komentar:

  1. Saya perna jdi PO engga kaya gitu, mkanya dikontrak kan ada job masing masing divisi

    BalasHapus
  2. Saya perna jdi PO engga kaya gitu, mkanya dikontrak kan ada job masing masing divisi

    BalasHapus